Perayaan ‘Idul Adha 1440 H ala Santri Almanar

Gema takbir pun kembali bergema di seantero alam raya, menandakan telah tibanya hari yang ditunggu seluruh umat muslim, terlebih umat muslim yang tengah melaksanakan ibadah haji di tanah suci Makkah Al Mukarromah. Kegembiraan itu pun sampai kepada kami para santri, setelah beberapa minggu menjalani rutinitas pembelajaran yang padat, alhamdulillah, para santri mendapatkan waktu jeda untuk dapat merayakan Hari Raya ‘Idul Adha.

Sebelumnya para santri mengikuti anjuran kiyai untuk melaksanakan ibadah puasa sunah tarwiyah dan arafah, yang dengannya para santri berharap diberikan keberkahan dunia dan akhirat.

Perayaan ‘Idul Adha pun diikuti oleh para santri dengan penuh semangat, mungkin bagi para santri baru hal ini merupakan momen pertama mereka merayakan hari raya tidak bersama orang tuanya melainkan dengan keluarga barunya, yaitu seluruh santri Pesantren Almanar Azhari. Kegiatan perayaan dimulai dengan takbir berjamaah di masjid selepas shalat magrib hingga shalat isya tiba, selepas itu mereka bergegas bersiap-siap untuk melanjutkan kegiatan takbir keliling dengan berpawai obor berkeliling wilayah Kelurahan Limo.

Persiapan Takbir Keliling 

Pagi harinya perayaan dilanjutkan dengan pelaksanaan shalat ‘Id yang imam beserta khatibnya dipimpin oleh Gus H. Muhammad Iqbal Luthfi, B.Sh, MM yang merupakan putra Dr. KH. Manarul Hidayat, MA sekaligus sebagai Direktur Pesantren Almanar Azhari Islamic Boarding School. Seusai pelaksanaan shalat ‘id, para santri ikut serta menyaksikan dalam pemotongan hewan qurban, yang Alhamdulillah pada tahun ini kami dapat memotong 7 ekor kambing dan 1 ekor sapi, yang kesemuanya merupakan sumbangsih dari para santri. Selain itu para santri pun ikut dilibatkan dalam pengurusan hewan qurban yang telah dipotong, dimulai dari memotong daging qurban hingga membagi ke dalam bungkusan kantong plastik, untuk dibagikan kepada guru dan pegawai pesantren serta santri, sayangnya pada tahun ini daging qurban belum cukup untuk dibagikan kepada warga sekitar pesantren – semoga tahun depan bisa lebih banyak.

Malam harinya panitia dari OSAMA (organisasi santri Almanar- red) mengadakan kegiatan lomba masak dengan memanfaatkan daging qurban yang tadi siang dibagikan. Wah, wah, santri pun mulai berkreasi alakadarnya untuk bisa menyajikan santapan dari daging qurban tersebut, dengan sate sebagai sajian utamanya.

 

Tidak tanggung-tanggung yang menjadi dewan jurinya adalah direktur pesantren, dan santri yang menjuarai lomba masak ini diberikan hadiah voucher jajan di kantin almanar.

Semoga di tahun mendatang perayaannya bisa lebih meriah lagi. Aamiin.

Inilah hasil kreasi para santri dari kegiatan lomba masak pada Perayaan ‘Idul Adha tahun ini.

– red.

Leave a Comment