SMA Almanar Azhari Islamic Boarding School

KURIKULUM SMA ALMANAR AZHARI

Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Nasional yang diselaraskan dengan kurikulum Negara maju, yaitu Kurikulum Cambridge dan Kurikulum Al-Azhar Cairo yang secara integral dimodifikasi sesuai dengan Visi, Misi dan target Almanar Azhari. Kurikulum diarahkan pada paradigma baru, dimana proses teaching menjadi learning, sumber belajar bukan hanya berasal dari guru, tetapi guru berperan menjadi fasilitator, edukator, dinamisator, motivator dan evaluator (Student Oriented).

Pengembangan kurikulum menjadi kata kunci dalam meraih keberhasilan kegiatan pembelajaran. SMA Almanar Azhari  selalu berupaya untuk memadukan kurikulum tingkat satuan pendidikan melalui pengembangan meliputi unsur isi kurikulum maupun penentuan beban belajar siswa.

Berikut ini adalah hasil pengembangan kurikulum yang dilakukan SMA Almanar Azhari:

  • Pengembangan kurikulum PAI meliputi aspek aqidah, Ibadah, Akhlak dan Tarikh, serta penambahan beban belajar menjadi 6 kali tatap muka/minggu     (12 jam pelajaran).
  • Penambahan jam untuk mata pelajaran MIPA (Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi) dengan Buku Sumber yang Bilingual.
  • Pengembangan bahan ajar untuk Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang lebih aplikatif.
  • Pengembangan Muatan Lokal : 10 Jam (Tahfidz dan Amtsilaty) pada malam hari dan ba’da Shubuh.

 

PROSES PEMBELAJARAN

Dalam pelaksanaan penyelenggaraan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional, proses pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan prinsip pembelajaran aktif, koopertif dan kontektual (active, cooperative and contextual learning) dengan program moving class serta sistem yang bervariasi sesuai kompetensi, seperti; problem-based learnig, inquiry-based learning, project-based learning, dll. sehingga siswa terbiasa melakukan observasi, eksperimen, analisis, diskusi, pelaporan, presentasi dll. Sistem-sistem tersebut harus dapat diterjemahkan ke dalam metode dan tehnik mengajar yang  kreatif innovatif oleh para tenaga pendidik.

Pembelajaran yang terintegrasi yakni internalisasi nilai-nilai Islam ke dalam seluruh mata pelajaran, yang ditunjang dengan penggunaan Information communication Technology (ICT) dalam proses pembelajarannya, seperti; internet (wireless), LCD, Laptop/ Komputer dll. juga pengadministrasian sekolah yang sesuai dengan syarat yang telah di tetapkan oleh kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Dengan demikian, jelas sangat perlu dilakukan upaya-upaya yang optimal secara adaptif mengacu ke negara maju yang menguasai dunia teknologi informatika dan berbahasa Inggris. Pimpinan, guru dan tenaga tata usaha dituntut harus menguasai kedua hal tersebut agar sustainability program ini terjamin.

Almanar Azhari Islamic Boarding School adalah suatu lembaga pendidikan Islam yang mengembangkan potensi individu secara holistic (readiness, Progress, Achievement, and Aptitude), terpadu dan sistematis untuk membentuk  individu-individu yang secara intellectual (IQ), emosional (EQ) dan fisikal (AQ) seimbang dan harmonis berlandaskan nilai-nilai spiritual dan  pengabdian kepada Allah (SQ) yang didukung dengan manajemen tehnologi informasi kontemporer.

Bahasa Arab-Inggris merupakan bahasa pendukung dalam proses pembelajaran dan merupakan alat komunikasi dalam kegiatan sehari-hari di lingkungan sekolah. Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab- Inggris  dilakukan oleh guru  local dan native speaker. Target bahasa Arab- Inggris untuk siswa adalah menguasai TOAFL – TOEFL sampai 500 poin.